Little Comment for The Raid

Siapa yang sudah nonton film The Raid? Film yang lagi happening itu tuh… Hihihii. Kata teman saya -saat kami menunggu film dimulai, film ini tidak boleh ditonton oleh para ABG labil, anak kecil, dan orang yang nggak tahan lihat darah. Dan ternyata sodara-sodara… Memang sih ya, saya masih tahan lihat darah, tapi film ini begitu […]

The Lorax: Tuailah Apa yang Kau Tanam

The Lorax adalah sebuah film yang menceritakan tentang sebuah kota artifisial, dimana semua pohon yang tumbuh adalah pohon plastik elektronik yang bisa disesuaikan bentuknya sesuai musim yang kita inginkan. Di kota yang bernama Thneedvilles itu, udara juga menjadi sebuah barang privat, semua orang harus membayar untuk membeli udara. Suatu hari seorang remaja perempuan, bercerita pada […]

Mahasiswa dan Militansi

Mahasiswa dan Militansi. Mungkin saya bukan orang yang tepat untuk bicara soal ini Tapi saya tetap kukuh menulis ini untuk memberikan sedikit apa yang saya tahu tentang kawan-kawan saya yang bermilitansi tinggi. Tentang kenapa mereka rela turun ke jalan hanya untuk berteriak-teriak dan menerima caci maki dari kalian yang belum sepenuhnya memahami kami, hanya untuk […]

Filosofi Password

A: Pinjem laptop ya… Lho…ada passwordnya. Passwordnya apa? B: Password apa ya? A: Password…¬†Password.. B: O…password. Namamu. GR melanda. A: Namaku jadi password laptopmu? Iiihh…so sweet banget deh.. B: Hhahahaha… maksudku.. password laptopku itu: n-a-m-a-m-u. A: ?#!@#?! Grrrr….. — Password, selalu punya cerita tersendiri bagi setiap orang. Ada yang menjadikan tanggal lahir sebagai password, ada […]

Book Review: The Geography of Bliss #1

“Perjalanan itu bersifat pribadi. Kalaupun aku berjalan bersamamu, perjalananmu bukanlah perjalananku.” – Paul Theroux Itulah sepenggal kutipan ketika kita membuka sampul buku The Geography of Bliss ini. Kata Bliss dari judul buku ini mengacu pada kata benda yang berarti Kebahagiaan. Jadi jika diterjemahkan, The Geography of Bliss artinya Geografi Kebahagiaan. Judulnya saja membuat kita membayangkan […]

Me and The Geography of Bliss

Saat pertama kali melihat buku ini di Toko Buku Grahamedia M’Tos, saya begitu tertarik untuk membelinya, namun saya menunda. Saya memilih buku lain. Awalnya saya kira buku ini seperti buku travelling pada umumnya. Di momen kedua, saya bertemu buku ini di Gramedia, saya membacanya sedikit. Melihat-lihat setiap kata di dalam buku ini. Dan saya sangat […]

Episode Bob Sadino: Roda Bob Sadino beserta Contoh ala Dyah

Siapa yang nggak kenal dengan sosok Bob Sadino? Seorang opa-opa yang sukanya mengenakan celana pendek kemana-mana, nggak peduli acaranya apa dan ketemu siapa, gayanya tetap saja santai dengan celana pendek setengah lutut. Bukan cuma penampilannya yang mengejutkan, namun juga karakternya. Bob Sadino, seorang wiraswasta yang memulai usahanya dari jualan telur hingga akhirnya sekarang bisnisnya merambah […]

Kurva Phillips

Masih pada ingat kurva Philips kan? Kurva Philips adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara tingkat pengangguran dengan tingkat inflasi di sebuah negara. Menurut Kurva Philips, hubungan keduanya adalah berbanding negatif. Jadi ketika inflasi naik, maka pengangguran turun. Dan ketika inflasi turun, maka pengangguran naik jumlahnya. Kedua poin dalam makroekonomi ini menjadi pilihan yang begitu rumit. […]

Garis Batas

Saya baru saja tuntas membaca Garis Batas. Sebuah karya monumental dari seorang Agustinus Wibowo. Sebuah karya yang tidak sekedar bicara tentang travelling, tapi lebih kepada sebuah perjalanan. Perjalanan mencari sebuah meaning. Perjalanan yang pada akhirnya membuat kita selalu bersyukur akan tempat kita dilahirkan dan dibesarkan. Perjalanan yang pada akhirnya membuat kita senantiasa merindukan dan mencintai […]

Pentingnya Belajar!

“Jika kau berpendapat bahwa belajar itu sungguh repot,coba bayangkan betapa susahnya sebuah kebodohan.”¬†– Rumah Baca Philosophia (20 Maret 2012) Kutipan di atas, saya kutip dari status facebooknya Rumah Baca Philosophia. Sebuah kutipan yang benar adanya. Saya tahu rasanya jadi orang bodoh. Hehe.. oke, kita abaikan dulu ya persoalan dikotomi-dikotomi bodoh versus pintar. Kita abaikan dulu […]