Monthly Archives: November 2012

Kesulitan dan Kemudahan

Bersama kesulitan, ada kemudahan.

Dua kali, berurutan hal itu disebutkan di kitabNYA.

Bukan kebetulan, tapi memang sedemikian rupa adanya. Hanya saja kita tidak tahu seberapa jauh atau seberapa dekatkah jarak antara kesulitan yang sedang kita hadapi terhadap kemudahan yang insya ALLAH akan kita raih. Hanya DIA yang Maha Tahu.

Jarak itu bisa saja sekejap kedipan mata. Jarak itu bisa saja seumur kandungan bayi yang siap lahir. Jarak itu bisa pula sejauh pergantian zaman hingga rambut memutih. Tak ada yang tahu. Persoalan waktu, totalitas menjadi rahasiaNYA.

Kita hanya perlu terus melangkah, melakukan sesuatu, karena diam saja tak ‘kan membuat kita mampu mempersingkat jarak yang ada.

Insya Allah..

 

Dibaca sebanyak: 387 kali.

Sunnah Sebelum Tidur

Islam adalah agama yang sangat komperehensif. Nilai-nilai islam adalah nilai-nilai kebaikan dan kearifan yang diakui secara universal, dalam artian lain yaitu aturan-aturan dalam Islam itu sendiri sebenarnya mendatangkan kebermanfaatan yang besar bagi para muslim maupun non muslim, intinya untuk seluruh manusia di dunia.

Saking komperehensifnya Islam, segala hal ada aturannya. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Di postingan kali ini mau dikit sharing aja apa yang pernah saya dapatkan dari seorang ustadz, tentang sunnah-sunnah Rasul sebelum tidur.

Mo tau? Yuk disimak (di bawah ini bukan urutan baku):

1. Tidak tidur larut malam kecuali ada keperluan seperti muthala’ah/ muraaja’ah.

Maksudnya yaitu tidak tidur larut malam, kecuali untuk belajar / menghapal (dalam hal ini sebenarnya diutamakan belajar atau dalam kondisi hendak menyelesaikan hapalan Al Qur’an).

2. Tidur dalam keadaan suci/berwudlu. Read more »

Dibaca sebanyak: 394 kali.