Monthly Archives: February 2013

Dress

Sekitar seminggu yang lalu, saya ditemani Ibu, mengunjungi penjahit. Hendak menjadikan kain itu sebagai dress untuk dipakai di acara nikahannya sepupu saya tercinta yang lebih muda 3 bulan usianya daripada saya.

Kain itu sebenarnya kain pemberian sahabat saya -Intan. Jadi kain itu dikasih Intan, untuk jahit sendiri, guna dipakai di acara resepsi nikahannya. Tapi karena saya baru ada di Makassar, 1 hari sebelum acaranya Intan, kainnya pun baru saya terima dari Nimo di malam hari sebelum berangkat ke tempat resepsi. Nah lho..ada gitu yang jahit dress cuman 5 menit? Hihihihii 😀

Okay okay back to jahit menjahit.

Saya dan Ibu memilih penjahit tsb berdasarkan rekomendasi dari tetangga-tetangga yang mengatakan bahwa jahitan penjahit tersebut bagus. Nah jadi lah hari itu ukur mengukur. Dari sejak ukur badan, penjahitnya dah bilang kalau kainnya nggak cukup kalau untuk lengan panjang. Tapi kok, saya-nya yang tetep bingung, karena temen saya dengan ukuran kain yang sama, dan ukuran tubuh dia malah lebih besar daripada saya, kainnya bisa dibuat dress lengan panjang. Hmm.. satu poin awal keraguan saya muncul ketika akan memesan dress.

Sampai di rumah, malam harinya baru saya ingat kalau si penjahit belum ukur badan saya untuk panjang dress-nya. Waduh, gawatlah kalau kainnya dah telanjur dipotong dan nantinya saya harus memakai dress yang panjangnya cuma 3/4, kan maunya long dress. Hehhe. Hmm..tapi akhirnya siang baru bisa datang lagi ke si penjahit. Satu lagi poin keraguan muncul, sedikit membatin ketika itu *loh, ini penjahitnya kok bisa lupa si?, padahal siii ya, saya juga lupa. Hihihii.

Beberapa hari setelah itu, Ibu saya juga pergi ke penjahit (di tempat lain) untuk bikin gamis pesta. Di luar dugaan, penjahit yang tempatnya lebih ramai daripada penjahit tsb, justru ongkos jasa jahitnya lebih murah. Lagi-lagi saya menggenapkan keraguan jadi 3 poin untuk penjahit yang bikin dress saya.

Nah, hari ini dress yang saya pesan di penjahit tsb dah jadi. Pas dilihat, wah bener bagus, jahitannya saya akui sangat rapi, walaupun agak kurang sesuai harapan, sebab pakai dress itu kudu pakai manset lagi karena lengannya pendek.

Dress cantik nggak afdhol dunkz kalo nggak dicoba, hehe. Jadi lah saya mencobanya. OMG!… Masya Allah.. Sempit dresnya, sesak di badan, susah napas kalau pakai dress itu. -_- Duh..mana tipe jahitannya dah tipe jahitan mati, yang nggak bisa diedit. Wah wah… Poin-poin keraguan pun terbukti.

Dari pengalaman itu saya belajar:

1. Apa yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kamu.

2. Apa yang direkomendasikan orang lain, belum tentu sesuai denganmu.

3. Saya akan mikir-mikir ratusan ribu kali atau memesan banyak hal pada si penjahit kalau suatu hari harus bikin baju di penjahit itu lagi.

Compare to Know and to Choose the Best

Untuk mengetahui pilihan terbaik mana yang akan kita pilih, maka hanya ada satu-satunya jalan, yaitu dengan membandingkan berbagai pilihan tersebut. Jika masih belum nemu yang sesuai, maka carilah alternatif pilihan lain.

Sesederhana ini pula sebenarnya konsep Indifference Curve. Oh ya, untuk sedikit mengingatkan diri sendiri, indifference curve adalah kurva yang menunjukkan berbagai pilihan kombinasi konsumsi 2 jenis barang dengan budget constraint sebagai garis batasnya.

Dress ini sendiri hanya satu jenis barang, jadi tidak bisa digunakan untuk membuat indifference curve.

Ceritanya akan berbeda jika misalnya keputusan untuk membuat dress dibandingkan dengan keputusan untuk beli buku, dengan dibatasi budget tertentu.

Not Only Check the Testimony

Sejujurnya, kesalahan juga ada pada saya sendiri, karena enggan untuk compare, maka langsung saja saya memilih penjahit tsb berdasarkan pertimbangan tetangga-tetangga yang pernah dijahitkan bajunya di tempat itu.

Namun ternyata testimoni saja tidak cukup. Rekomendasi saja tidak cukup. Pengalaman tetaplah guru terbaik yang meninggalkan pelajaran berharga.

Saya jadi teringat sebuah kalimat bijak dari halaman depan buku Geography of Bliss.

Perjalanan itu bersifat pribadi. Kalaupun aku berjalan bersamamu, perjalananmu bukanlah perjalananku.

– Paul Theroux

Dari setiap perjalanan, terkandung berbagai pengalaman-pengalaman, sehingga pengalaman merupakan bagian dari perjalanan.

Maka, kutipan kalimat bijak di atas jika disesuaikan dengan kondisi saya dan dress baru, bisa diubah menjadi:

Pengalaman itu bersifat pribadi. Kalaupun aku memiliki pengalaman yang sama denganmu (sama-sama pesan jahit dress di tempat yang sama), belum tentu hasilnya sama-sama memuaskan, sehingga pengalamanmu bukanlah pengalamanku.

Hahaa.. agak maksa dikit ya? 😀 hihihihi.. sutra lah..

Okay, good night ya!.. 😉

Dibaca sebanyak: 11968 kali.

Keywords

  • penjahit gaun pesta di makassar
  • penjahit yang pandai membuat dress
  • Jahit express
  • jahit rok sutera area makassar
  • jasa jahit kebaya modern Makassar

Little Tips for Sponge Cake

Sponge cake, cotton cake, maupun chiffon adalah jenis cake yang memiliki tekstur berpori-pori, lembut, dan jika ditekan lembut dengan ujung jari maka cake akan kembali ke bentuk semula. Cake ini dibuat dengan teknik kocokan telur yang agak lama.

Nah, ada sedikit tips agar saat disajikan, jenis sponge cake ini terlihat cantik. Mau tau? Ini dia.

1. Saat cake sudah matang, keluarkan dari oven dan tunggu hingga dingin.

2. Potongatau iris-iris cake hanya ketika cake sudah dingin. Sebab jika tidak, maka hasil potongannya jadi tidak rapi dan berisiko agak hancur.

3. Jika ingin menyimpan sponge cake di kulkas, sebaiknya taruh di wadah kedap udara atau gunakan wrap plastic, sebab jika cuma ditaruh di piring lalu ditaruh di kulkas, cake akan menjadi kering.

Oke, demikian sedikit tips bagi yang sangat pemula. Saya juga masih pemula kok 😉 tulisan di atas sekedar sharing info bersama.

 

Semangat pagi dan selamat beraktivitas!… 😉

Dibaca sebanyak: 19172 kali.

Keywords

  • cara menyimpan chiffon cake

Yuk!.. Belajar Metodologi Penelitian Bareng DR_Consulting!.. ;)

DR_Consulting_

DR_Consulting adalah bagian dari DR_Group yang menyediakan jasa konsultasi skripsi, konsultasi & pelatihan  metodologi penelitian serta beberapa software ekonometrika seperti SPSS, Amos, dan Eviews.

Kali ini DR_Consulting akan mengadakan kegiatan konsultasi dan pelatihan metodologi penelitian yang diperuntukkan bagi mahasiswa non eksakta yang akan menyusun skripsi namun masih mengalami kebingungan.

Kegiatan Belajar Metodologi Penelitian Bareng DR_Consulting ini tidak dipungut biaya apapun. Jadi, bagi mahasiswa non eksakta (domisili Makassar) yang sedang akan menyusun skripsi atau bagi mahasiswa yang ingin membuat karya tulis ilmiah, boleh mengikuti kegiatan ini.

Belajar Metodologi Penelitian Bareng DR_Consulting insya Allah akan diadakan pada:

Hari/tanggal   :

Ahad, 3 Maret 2013

Waktu                :

Pukul 10.00-12.00 WITA

Tempat             :

Head Office MIB (Macazzart Indie Books)

Jl. Tumanurung, Ruko STC Blok A/II, kawasan Alauddin.

(dekat Lapangan Syekh Yusuf) Makassar.

 

Bagaimana cara mengikuti kegiatan ini? Mudah kok 🙂 daftar aja via SMS dengan format:

DAFTAR(spasi)DR(spasi)Nama Lengkap

Kirim ke: 089669865435

Pendaftaran mulai 21 Februari – 1 Maret 2013

 

Jadi, tunggu apalagi? Daftarkan dirimu, ajak teman-temanmu.

Yuk!.. Belajar Metodologi Penelitian Bareng DR_Consulting!.. 😉

Dibaca sebanyak: 32131 kali.

ONel Danbo

ONel (singkatan dari Oke flaNel) adalah salah satu produk dari DR_Group. Dibuat khusus berdasarkan pesanan. Kamu bisa pesan dalam bentuk bros, jepit rambut, gantungan hp, gantungan kunci, dompet, atau boneka mini. ONel merupakan produk hand made hasil karya anak bangsa. Pengen lihat contoh ONel yang sudah pernah kami buat? Ini dia guys.. Check it!.. ^_^

 

ONel Danbo

 

ONel Danbo (3)

 

ONel Danbo (6)

 

 

ONel Danbo (4)

 

 

ONel Danbo (5)

 

ONel Danbo (1)

 

 

ONel Danbo (2)

 

Untuk pemesanan, bisa email ke: restyani.com@gmail.com

Atau kirim Inbox di FB Fan Page kami. 😉

 

Dibaca sebanyak: 20608 kali.

Keywords

  • boneka teddy bear flanel

Tips Membuat Insektisida Alami

ID-10050464

Berkebun merupakan salah satu kegiatan positif yang memiliki banyak manfaat. Selain menyenangkan, sudah tentu juga akan menghasilkan sesuatu yang dapat kita konsumsi ataupun untuk kita jual kepada konsumen.

Dalam berkebun, untuk skala rumah, kita bisa memilih akan menanam sayuran ataukah bunga-bungaan. Perawatan pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Agar tanaman yang kita tanam senantiasa sehat, beberapa orang terkadang memilih menggunakan pestisida ataupun insektisida untuk mengatasi hama yang menyerang. Tidak ada yang salah dengan pilihan tersebut. Yang menjadi masalah kemudian adalah ketika tanaman yang sudah terkontaminasi pestisida maupun insektisida tersebut lantas kita konsumsi. Sudah tentu tidak baik untuk kesehatan. Racun-racun yang melekat pada sayuran tersebut misalnya, sangat berisiko mengganggu  kesehatan diri orang yang mengonsumsinya.

Untuk itu alangkah baiknya jika kita menggunakan cara-cara alami dengan bahan-bahan natural dalam membasmi hama yang menyerang tanaman kita. Berikut ramuan alami untuk hama.

Tumbuklah 5 biji cabai rawit dan 1 batang serai. Tambahkan 1 sendok teh air jeruk nipis. Tambahkan sedikit air (sekitar 10 sendok makan), lalu saring.

Air tersebut bisa kita masukkan ke botol semprotan, dan semprotkan ke tanaman yang terkena hama 1x per hari setiap pagi sebelum jam 8 atau pada sore hari sekitar jam 4-6 sore.

Tips ini diperoleh dari setelah ngobrol-ngobrol tentang merawat tanaman bersama Duta Muda komunitas Makassar Berkebun. Semoga bermanfaat ya!… 😉

 

Source Pict Here

Dibaca sebanyak: 10838 kali.

Cara Mengatasi Kepanikan

whenyoupanic

Source Pict Here

 

Panik adalah kondisi alamiah yang pernah dialami oleh siapapun. Yang namanya manusia pasti pernah panik, setidaknya satu kali dalam hidupnya. Panik pun ada tingkatan-tingkatannya, mulai dari yang ringan hingga yang tanpa disadari justru menimbulkan efek destruktif.

Penyebab panik itu sendiri juga beragam. Beda orang, terkadang beda respon. Ada yang karena persoalan A jadi panik, namun ada juga yang tetap tenang-tenang saja ketika dilanda persoalan A misalnya.

 

Dua Hal Umum Penyebab Kepanikan

Beberapa hal umum yang menimbulkan kepanikan, diantaranya:

1. Saat mengalami, mendengar atau mendapat kabar tentang kehilangan sesuatu yang dianggapnya sangat penting.

Contoh: Orang yang kecopetan; Orang yang kehilangan berkas-berkas pentingnya.

2. Saat bertemu dengan kondisi mengejutkan yang tidak menyenangkan.

Contoh: Ke-gap bos ketika lagi asik main game di jam-jam kerja; Lupa bawa report penting yang akan dibahas di meeting pagi, sedangkan jalan rute rumah-kantor super duper macet; Lagi nyantai naik motor, tak ada mendung, tiba-tiba hujan mengguyur.

Ada yang pernah mengalami salah satu hal di atas? Hehe 🙂

 

Cara Mengatasi Kepanikan

Apapun penyebab paniknya, satu hal yang harus selalu kita ingat yaitu kepanikan akan menyebabkan kita sulit untuk berpikir jernih. Panik hanya membuat kita menjadi lebih reaktif, dominan menggunakan otak reptil.

Untuk itu, ada 5 cara mengatasi kepanikan. Tips ini disarikan dari talkshow Anthony Dio Martin di Smart FM. Langsung aja ya…

1. Belajarlah peka kapan Anda mulai panik dan kapan perlu dikendalikan.

2. Fokus pada apa yang dapat Anda lakukan.

3. Jangan fokus pada perasaan panik itu sendiri.

4. Buatlah emotional dissplacement defent (ubah fokus pada hal-hal lain)

Misalnya dengan menghirup napas dalam-dalam, memandang pemandangan di luar jendela, etc.

5. Melatih otak mempelajari hal-hal sulit, lalu coba lakukan hal lain.

 

Nah, lima tips tadi semoga dapat bermanfaat 😉

Dibaca sebanyak: 8571 kali.

Keywords

  • mengatasi kepanikan