Monthly Archives: March 2013

Teka Teki Tuhan

 

“We are a team. One fight in the front, another should guard in the back.” – Mr.A (March 6th, 2013, 08.40 PM)

Dia mengirimkan pesan itu kepadaku saat kabut senja menyapa kalbu. Tak ada hal yang jauh lebih baik dari dukungan, ketika segala jenis hal yang kau sebut masalah datang menghampiri kehidupanmu bertubi-tubi. Mencoba merealisasikan plan A, gagal. Mencoba menerapkan plan B, C, dan D, juga kandas. Tahukah kau? Kadang-kadang aku bertanya pada Tuhan

“Teka teki macam apakah ini, Tuhan?”

Padahal seharusnya bukan itu. Bukan seperti itu respon yang kutunjukkan padaNya. Pada Dia yang senantiasa ada dalam setiap titik nafas kehidupanku. Apakah aku salah? Apakah salah jika aku sekedar bertanya demikian kepada Sang Pemilik Kehidupan? Sisi lain dari diriku berkata demikian. Lalu bagaimana seharusnya aku akan bersikap?

Semalam, sepotong mozaik kudapatkan dari seorang bernama Faqih. Dia memberitahuku, tepatnya menceritakan kepada kami semua tentang semua kisah yang ternyata darinya kuperoleh sebuah makna yang mungkin saja akan sulit untuk kau jelaskan dengan bahasa yang lebih terang. Ah, berkata apa aku ini. Ini lah cerita dari Faqih semalam kepadaku, kepada mereka.

Al kisah ada seorang Pak Tua hidup di desa dengan seorang anak lelakinya yang beranjak dewasa. Mereka memiliki seekor kuda peliharaan satu-satunya. Suatu hari kuda tersebut lepas dan meninggalkan kandangnya. Namun Pak Tua dan anaknya tak tampak sedih, mereka biasa-biasa saja. Para tetangga menjenguknya dan berkata prihatin terhadap apa yang dialami oleh Pak Tua.

Tahukah kau apa respon Pak Tua?

Dengan lantang ia berkata, “kalian pikir ini adalah sebuah kemalangan?!”

Para tetangga keheranan lalu memilih pulang.

Beberapa hari kemudian kuda Pak Tua itu pulang kembali ke kandang, bersamanya turut serta beberapa ekor kuda liar yang mengikutinya. Para tetangga kembali mendatangi Pak Tua dan mengucapkan selamat. Tahukah kau apa respon Pak Tua?

Ia berkata, “kalian pikir semua ini adalah sebuah keuntungan besar?!”

Sejak adanya kuda-kuda liar itu, setiap harinya anak lelaki satu-satunya yang dimiliki Pak Tua, sibuk mengurus dan melatih kuda-kuda itu. Saat melatih kuda-kuda liar itu, anaknya justru diserang dan kakinya patah.

Pada saat bersamaan ada ajakan massal bagi para pemuda desa untuk ikut perang. Anak si Pak Tua tidak bisa ikut karena kondisi kakinya.

Dari cerita di atas, ada yang berpendapat bahwa kita belajar dari setiap hal yang kita alami pasti ada hikmahnya. Namun, Faqih memberi pendapat yang berbeda, dan bagiku pendapat itu sungguh lah menarik. Dan menurutku benar pula itu adanya. Tahukah kau apa yang dikatakan Faqih semalam kepadaku, kawan?

Ia berkata…

Jangan terlalu cepat memberi nilai pada segala hal yang terjadi dalam kehidupan kita. Karena kenegatifan yang mungkin saja kita rasakan saat ini mungkin saja akan membawa keberkahan untuk masa yang akan datang. Demikian sebaliknya.

Terima kasih Faqih, terima kasih Kak Mr.A.

Hari ini saya belajar lebih banyak.

 

🙂

 

Dibaca sebanyak: 414 kali.

Review Kegiatan Belajar Metodologi Penelitian bareng DR_Consulting dan MIB

DR_Consulting

Siang tadi, Ahad 3 Maret 2013, DR Consulting bekerjasama dengan MIB Community mengadakan kegiatan Belajar Bareng Metodologi Penelitian di Kantor Pusat MIB Community. Kegiatan tersebut diadakan sebagai salah satu upaya promosi jasa DR Consulting sebagai lembaga konsultan metodologi penelitian pertama di Makassar, sekaligus upaya promosi Macazzart Indie Books Community sebagai rental buku delivery pertama di Makassar.

Kegiatan Belajar Metodologi Penelitian bareng DR Consulting dan MIB ini mendapat sambutan hangat dari para responden. Namun karena publikasi yang hanya dilakukan via akun facebook saja, maka informasi tidak mengena luas ke masyarakat. Hal ini akan menjadi catatan tersendiri bagi penyelenggara kegiatan.

Meskipun demikian,  DR Consulting dan MIB sangat menghargai seorang peserta yang tetap hadir walaupun cuaca di Makassar hari tadi kurang mendukung. Peserta tersebut adalah Saudara Baharuddin. Maka jadilah pertemuan hari tadi sebagai personal consulting.

Pada peserta yang telah hadir, kami membimbingnya untuk memahami mengenai metodologi penelitian mulai dari konsep awal, hingga ke sisi praktis. Pertemuan yang berlangsung selama 2 jam tersebut diakui peserta terasa singkat, karena banyak hal yang masih ingin diketahui oleh peserta mengenai konsultasi penelitian yang sedang diadakannya.

Karena respon dari responden yang cukup antusias, maka untuk pertemuan-pertemuan berikutnya, DR Consulting akan memuatnya dalam paket konsultan professional dengan materi yang lebih komperehensif.

Di pertemuan Belajar Metodologi Penelitian bareng DR Consulting dan MIB siang tadi, peserta dibekali pemahaman tentang apa itu metodologi penelitian, kapan digunakan, siapa yang menggunakannya, di bidang apa metodologi penelitian, mengapa menggunakannya, dan tentu saja yang utama yaitu bagaimana menggunakan metodologi penelitian dalam praktiknya. Materi-materi yang disampaikan di pertemuan tadi masih sebatas framework, karena bagaimanapun juga, untuk mempelajari metodologi penelitian tidak cukup hanya waktu 1-2x pertemuan. Apalagi untuk bisa membuat peserta menjadi lebih paham dan benar-benar menguasainya. Namun DR_Consulting tetap bersyukur karena peserta hari tadi benar-benar bersemangat dan mengatakan bahwa setelah belajar metodologi penelitian yang hanya 2 jam tadi, dia mendapatkan pemahaman baru, ilmu baru, dan jadi lebih antusias ingin melakukan riset lagi lagi dan lagi.

Untuk kamu yang tertarik join, bisa gabung dengan kami di DR Consulting untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya yang insya Allah akan kami publikasikan informasinya lebih luas. Tetep keep in touch with DR Consulting ya!… 😉

 

Photo1243 - Copy (2)

Peserta sedang fokus mengamati konsep kerangka pikir

 

 

 

Dibaca sebanyak: 30033 kali.