Monthly Archives: December 2013

Brand Brain Migration (BBM)

ID-10058104Brand Brain Migration (BBM) adalah istilah yang digunakan untuk berpindahnya pada migrant / penduduk yang berkualitas secara SDM. Bagi wilayah yang ditinggalkan, BBM ini merugikan sebab para penduduk yang cerdas dan berkualitas tinggi SDMnya justru keluar dari wilayah tersebut. Namun bagi wilayah yang didatangi, BBM mendatangkan keuntungan sebab para migrant yang datang tersebut berpotensi menambah pendapatan asli wilayah tersebut. Tentu manfaat ataupun kerugian dari BBM ini baru benar-benar terasa jika penduduk yang bermigrasi itu dalam jumlah besar, atau jika yang bermigrasi adalah orang yang paling berpengaruh di suatu negara dan tak ada oranglain yang menyamai pengaruhnya. Read more »

Dibaca sebanyak: 13115 kali.

Faktor-faktor Migrasi

Faktor migrasi

Di pembahasan yang lalu kita telah membahas mengenai macam-macam migrasi menurut waktunya. Kali ini kita akan membahas beberapa point yaitu: Mengapa orang melakukan migrasi? Secara garis besar, ada 2 hal yang menjadi penyebab orang bermigrasi.

1. Daya tarik

Orang bermigrasi karena daya tarik sebuah wilayah yang nampak jauh lebih baik daripada wilayah tempatnya berdomisili.

2. Daya dorong

Orang bermigrasi karena terdorong kondisi-kondisi di wilayahnya yang serba terbatas, sehingga ia keluar untuk mencari wilayah lain yang memiliki lebih banyak peluang.

Daya tarik dan daya dorong ini bersinergi membentuk semacam energi yang pada akhirnya mempengaruhi seseorang memutuskan untuk bermigrasi.

Faktor-faktor Migrasi

Ada beberapa faktor yang menjadi pendorong maupun penarik terjadinya migrasi antara lain: Read more »

Dibaca sebanyak: 41663 kali.

Keywords

  • faktor pendorong terjadinya migrasi pada masa kolonial
  • sebutkan dan jelaskan berbagai faktor pendorong terjadinya migrasi pada masa kolonial
  • Daya tarik imrigasi
  • Faktor masa kolonial belanda
  • faktor migrasi penduduk

Manfaat Berbicara dengan Santun kepada Anak

Source Pict: www.gambar.co

Allah SWT melalui Al Qur’an, mengajarkan kita salah satunya tentang bagaimana berkomunikasi kepada anak-anak kita dengan santun. Hal ini dapat kita temukan dengan mudah di:

QS. Luqman: 13

“… ya bunayya laa tusyrik billaah …”

(Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah..)

Kata-kata “Yaa bunayya” (wahai anakku) merupakan kata yang menunjukkan keramahan seseorang kepada seorang anak yang dipanggilnya. Read more »

Dibaca sebanyak: 10904 kali.

Keywords

  • kakaowiec
  • gambar anak anak muslim