Brand Brain Migration (BBM)

ID-10058104Brand Brain Migration (BBM) adalah istilah yang digunakan untuk berpindahnya pada migrant / penduduk yang berkualitas secara SDM. Bagi wilayah yang ditinggalkan, BBM ini merugikan sebab para penduduk yang cerdas dan berkualitas tinggi SDMnya justru keluar dari wilayah tersebut. Namun bagi wilayah yang didatangi, BBM mendatangkan keuntungan sebab para migrant yang datang tersebut berpotensi menambah pendapatan asli wilayah tersebut. Tentu manfaat ataupun kerugian dari BBM ini baru benar-benar terasa jika penduduk yang bermigrasi itu dalam jumlah besar, atau jika yang bermigrasi adalah orang yang paling berpengaruh di suatu negara dan tak ada oranglain yang menyamai pengaruhnya.

Tiap wilayah memiliki daya tarik dan daya dorongnya masing-masing. Yang menjadi point utama kemudian bagi para perencana ekonomi / perencana pembangunan di wilayah tersebut adalah yang mana dari dua point tersebut yang lebih besar? Apakah daya dorong yang lebih besar ataukah daya tarik?

Daya Dorong

Salah satu cara sederhana untuk mengetahui bagaimana besar daya dorong suatu wilayah yaitu cukup dengan melihat data berapa banyak migrant yang keluar tiap tahunnya dari daerah tersebut. Jika lebih banyak migrant yang keluar daripada yang masuk dan jumlahnya meningkat signifikan tiap periode, maka dapat disimpulkan bahwa wilayah tersebut berdaya dorong besar dan tentu konsekuensinya berdaya tarik kecil. Lalu yang menjadi tugas para perencana ekonomi / para perencana pembangunan di wilayah tersebut adalah bagaimana cara menahan laju migrant keluar. Sebuah wilayah yang terlalu sering ditinggalkan oleh penduduknya biasanya adalah wilayah yang belum mampu membuat para penduduknya sejahtera atau merasa sejahtera. Di Indonesia, wilayah-wilayah yang berada di paling barat, paling timur, serta paling pinggir (perbatasan) biasanya merupakan wilayah yang berdaya dorong tinggi.

Daya Tarik

Besarnya daya tarik suatu wilayah, dapat diketahui secara sederhana dengan cara menengok data tentang berapa jumlah penduduk di wilayah tersebut. Wilayah yang banyak penduduknya cenderung punya daya tarik yang lebih besar sebab makin banyak penduduk di suatu wilayah berarti makin banyak akomodasi-akomodasi yang tersedia di wilayah tersebut. Banyaknya akomodasi dan mudahnya aksesibilitas untuk berbagai hal adalah point penting yang menjadi daya tarik sehingga orang bermigrasi ke wilayah berdaya tarik besar tersebut. Di Indonesia, Jakarta adalah salah satu kota dengan daya tarik besar, bahkan bisa disebut medan magnet perekonomian Indonesia.

Postingan terkait lainnya:

1. Migrasi di Teori Ekonomi SDM

2. Faktor-faktor Migrasi

Dibaca sebanyak: 13115 kali.